Di dunia ini hampir semua logam dapat tertarik oleh
magnet, contohnya besi, baja, nikel, dll. Dan tahukah anda bahwa logam dapat menahan daya tarik magnet ?
logam yang satu ini memang bisa menahan magnet seperti sedang melayang baik
magnet maupun logam itu sendiri tetapi pada suhu tertentu
Gambar 1 : logam super conduktor (bawah)
Itu adalah logam super conduktor, jika di lhat dari namanya,
super adalah lebih dari yang lain sedangkan conduktor adalah salah satu sifat
logam yang dapat menghantarkan listrik. Superkonduktivitas atau super konduktor
ditemukan pada tanggal 8 April 1911 oleh Heike Kamerlingh Onnes, yang sedang
belajar perlawanan merkuri padat pada suhu kriogenik menggunakan baru saja
diproduksi helium cair sebagai pendingin. Pada suhu 4,2 K, ia mengamati bahwa
perlawanan tiba-tiba menghilang. Dalam percobaan yang sama, ia juga mengamati
transisi superfluida helium sebesar 2,2 K, tanpa mengenal maknanya. Yang tepat
tanggal dan keadaan penemuan hanya direkonstruksi abad kemudian, ketika notebook
Onnes itu ditemukan. Dalam beberapa
dekade berikutnya, superkonduktivitas diamati pada beberapa bahan lainnya. Pada
tahun 1913, dia menemukan superconduct pada 7 K, dan pada tahun 1941 niobium
nitrida ditemukan superconduct pada 16 K.
Superkonduktor adalah fenomena hambatan listrik
bernilai nol dan pembelokan medan magnet
yang terjadi pada bahan-bahan tertentu ketika didinginkan di bawah temperatur
kritis karakteristik.. Seperti ferromagnetism dan garis spektrum atom,
superkonduktivitas adalah fenomena kuantum mekanik. Hal ini ditandai dengan
efek Meissner, pengusiran lengkap garis medan magnet dari interior
superkonduktor karena transisi ke wilayah superkonduktor. Terjadinya efek
Meissner menunjukkan superkonduktivitas yang tidak dapat dipahami hanya sebagai
idealisasi konduktivitas sempurna dalam fisika klasik
Gambar 2 : medan magnet akibat pembelokan dari logam
superkonduktor
Para tahanan listrik dari konduktor logam menurun
secara bertahap karena suhu diturunkan. Pada konduktor biasa, seperti tembaga
atau perak. Dan hampir mendekati nol mutlak, contoh nyata konduktor normal yang
menunjukkan beberapa perlawanan terhadap medan magnet. Dalam superkonduktor,
perlawanan turun tiba-tiba menjadi nol ketika material didinginkan di bawah
temperatur kritis. Arus listrik yang mengalir dalam loop kawat superkonduktor
dapat bertahan tanpa batas waktu tanpa sumber listrik
Superkonduktor membutuhkan suhu yang sangat dingin,
pada urutan 39 kelvin (minus 234 C, dikurangi 389 F) untuk superkonduktor
konvensional. Kawat merkuri padat yang Kamerlingh Onnes digunakan suhu yang
diperlukan di bawah 4,2 K (minus 269,0 C, dikurangi 452,1 F). Bahkan yang
disebut superkonduktor suhu tinggi hanya bekerja sihir mereka di bawah 130 K (minus
143 C, dikurangi 225,7 F).
Kegunaan Logam Superconduktor Dalam Dunia Transportasi
Gambar 3 :
kereta Yamanashi MLX01
Magnetik-levitasi adalah sebuah aplikasi di mana
superkonduktor tampil sangat baik. Kendaraan transportasi seperti kereta api
dapat dibuat untuk melayang pada magnet
superkonduktor yang kuat, hampir menghilangkan gesekan antara kereta api dan
jalurnya. Tidak hanya akan elektromagnet konvensional membuang banyak energi
listrik sebagai panas, mereka harus secara fisik jauh lebih besar dari magnet
superkonduktor. Sebuah landmark untuk penggunaan komersial teknologi maglev
terjadi pada tahun 1990 ketika memperoleh status sebuah proyek yang didanai
secara nasional di Jepang. Menteri Transportasi resmi pembangunan Yamanashi
Maglev Uji Jalur yang dibuka pada tanggal 3 April 1997. Pada bulan Desember
2003, uji kendaraan MLX01 mencapai kecepatan yang luar biasa dari 361 mph (581
kph).
Meskipun teknologi kini
telah terbukti, penggunaan yang lebih luas kendaraan maglev telah dibatasi oleh
kekhawatiran politik dan lingkungan (medan magnet yang kuat dapat membuat
bio-hazard). Pertama di dunia kereta api maglev untuk diadopsi ke layanan
komersial, antar-jemput di Birmingham, Inggris, ditutup pada 1997 setelah
beroperasi selama 11 tahun. Sebuah maglev Sino-Jerman saat ini beroperasi
selama 30-km kursus di Bandara Internasional Pudong di Shanghai, Cina. AS
berencana untuk menempatkan yang pertama (non-superkonduktor) Maglev kereta ke
dalam operasi di kampus Virginia perguruan tinggi.
trimakasih bermanfaat sekali!!! :)
BalasHapusferdian ini nongol dsini juga :p
BalasHapusSulit dimengerti, bahasa google translate? Perlu pembenahan tatanan kata dan bahasanya supaya lebih dapat dipahami, tapi thx infonya hehe
BalasHapusTerima kasih gan, mampir juga ke blog saya segala ilmu teknologi ada disini
BalasHapusananda95.blogspot.co.id
terimakasih gan, cuma saya masih bingung. di beberapa buku dijelaskan bahwa superkonduktor berkarasteristik memilki medan magnet nol. tapi kok dia bisa membelokkan atau memantulkan medan magnet dari magnet permanen ? atau pertanyaan simpelnya itu, gimana sih mekanisme pristiwa meissner itu ? mohon bantuannya.
BalasHapustrimkasih atas segala informasinya,,
BalasHapus